Kembali Lagi ke Server EN

Sudah hampir empat tahun aku berkecimpung di dunia Arknights. Bisa dibilang udah lumayan lama main karena pada saat itu server EN dari game ini sudah aktif selama hampir empat bulan. Ada banyak kejadian yang terjadi dan pengalaman yang dialami. Dimulai dengan bermain di server EN, kemudian langsung menjajaki server CN demi konten yang lebih terdepan, main server JP dan KR hanya karena Yostar sempat lebih dermawan di sana dan berlanjut dengan bermain server TW karena ternyata lebih hoki. Singkat cerita, aku memilih untuk fokus ke server CN dan TW saja karena pada saat itu aku semakin kewalahan untuk meladeni enam server bersamaan (Bilibili, Official, EN, JP, KR, dan TW) serta semakin terbatasnya sisa penyimpanan di ponselku. Memang di pertengahan tahun 2020 sendiri aku bisa memasang lima server sekaligus. Tetapi seiring waktu berjalan, aku hanya bisa memasang dua maksimum karena ukuran client-nya yang sudah mencapai 7,5 GB dengan voicepack bahasa Jepang saja.

Dan tentu saja hal ini membuatku mau tak mau melepaskan server EN karena beberapa alasan khusus. Ini mungkin sedikit subyektif, tetapi aku kala itu kurang suka cara Yostar meladeni server EN yang sebagian orang katakan sebagai anak tiri. Sebenarnya kalau dipikir ini bukan masalah yang besar, tetapi mungkin aku cukup termakan stereotipe mobage server EN yang kadang seperti itu. Kemudian soal ampasnya akunku yang cukup kalah dengan akunku di server lainnya. Hal ini tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa dengan operator yang lebih enak tentu pas main juga enak nantinya. Memang bisa disubtitusikan dengan yang lain, tetapi tentu saja ada berbagai macam alasan yang berujung menuduh diri sendiri tak cakap bin skill issue. Yang terakhir mungkin juga sepele, waktu set ulang server di Waktu Indonesia Barat adalah 18.00. Nah, benar-benar sepele dan tidak perlu dijelaskan. Hanya karena sudah terbiasa dengan set ulang di pukul 03.00 WIB dan sudah tahu kalau servernya menggunakan waktu lokal di Amerika Serikat, cukup jelas.
Seperti yang sudah kalian ketahui, aku mengalami pengalaman yang tidak enak selama setahun terakhir dalam bermain Arknights,… atau lebih tepatnya tidak bermain Arknights. Semenjak aku harus melakukan magang wajib untuk nilaiku sendiri, aku merasa waktuku untuk bermain semakin kurang. Atau lebih tepatnya sudah lelah duluan sehingga waktu istirahat lebih tepat digunakan untuk istirahat yang jelas. Awalnya hanya berlangsung sebulan, kemudian berlanjut hingga beberapa bulan keterusan. Awalnya merasa gundah, kemudian malah semakin nyaman kalau gak login sehari aja ya gak masalah. Minus ketinggalan banyak konten sih. Selama setengah tahun terakhir, aku sendiri bisa dibilang sudah hampir lepas dari Arknights. Bahkan untuk infonya saja aku hanya manut omongan dari teman saja. Aku yang dulu biasanya nangkring di Weibo dan Twitter untuk terus update info, sekarang sudah malas. Ya, faktor karena udah gak seaktif dulu dalam main, tentu saja untuk mantengin berita baru juga ikutan gak aktif. Sebegitunya sampai terasa kalau emang udah kurang relevan dengan diri sendiri.

Tetapi akhir-akhir ini aku mencoba untuk rajin login kembali. Well, kalau dibilang rajin sih gak juga. Senin kemarin aku login semua server, hari Selasa gak login blas. Karena kebetulan sedang garap pesanan nasi juga, jadi gak sempat, malamnya udah capek duluan. Tetapi tetap aku niatkan untuk login kembali. Tidak hanya untuk server CN dan TW, tetapi server EN juga. Alasan untuk kembali adalah salah satunya untuk melanjutkan dan melebarkan usaha joki yang aku rintis sih sebenarnya. Aku sebelumnya sudah membuka untuk Honkai: Star Rail, tetapi bagaimana kalau aku buka juga untuk Arknights, yang literally game yang udah bawa diriku selama ini, ‘kan? Lalu ada alasan khusus untuk server EN sendiri. Mengingat aku sudah cukup mumpuni dan max level di server CN dan TW, bagaimana dengan keadaan server EN yang sudah aku tinggalkan? Masih jauh ternyata. Dan di sinilah aku ingin kembali main server EN. Dan jujur sebenarnya memainkan Arknights secara rajin untuk farming lebih enak kalau memang akun yang kita miliki masih sedang merintis atau belum benar-benar mumpuni. Perkembangannya lebih terasa dan perjuangannya jadi tidak terkira. Selain itu juga aku ingin membaca ceritanya yang aku sendiri sudah ketinggalan banyak dan aku tidak bisa membaca hanzi apalagi fasih Mandarin untuk menikmatinya melalui server CN.

Dan pada malam artikel ini ditulis, aku menghapus Blue Archive server EN dan Arknights server TW dari hapeku untuk memasang yang server EN. Memang aku ada opsi untuk memasang emulator di desktop, tetapi bermain di ponsel langsung tentu lebih nyaman dalam kondisi rajin harian. Tidak lupa pula karena emulator cukup menguras tenaga Athlon 200GE di dalam desktopku serta sisa penyimpanannya yang juga kebetulan semakin menipis untuk saat ini. Aku harap aku bisa fokus main lagi ke depannya.

Buat yang ingin berteman, UID milikku adalah Ufal#4227. Atau jika kalian ingin berteman di server lain, berikut pilihannya: Bilibili Ufal#6833; Official Ufal#7657; dan TW Ufal#2556.

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *