Memulai Situs dengan WordPress dan Pakai Subdomain .blog Selagi Ada!

Sebagai lanjutan dari artikel yang sebelumnya, di sini aku ingin memperkenalkan lebih dalam mengenai WordPress.com. Yang perlu diketahui adalah WordPress.com adalah layanan komersial dari software open source yang bernama sama dari perusahaannya, Auttomatic. Kamu memang dapat menggunakan WordPress secara gratis apabila kamu ingin menggunakan hostingmu sendiri, tetapi jika kamu tidak ingin terlalu disibukkan dengan urusan seperti itu, mempercayakan ke WordPress.com adalah salah satu pilihan yang tepat.

Sebagaimana yang kita ketahui, jika pakai WordPress.com secara gratis, kita hanya dapat menggunakan subdomain di .wordpress.com. Tetapi karena menggunakan subdomain tersebut, blog yang kita jalankan nantinya mungkin akan terkesan seperti gratisan (walau memang wkwkwk), terlebih stigma orang terhadap blog seperti ini dan yang berbasis Blogger dengan subdomain .blogspot.com bisa dibilang cukup buruk mengingat banyak yang menganggap informasi yang disajikan dan disadur untuk tugas sekolah atau kuliah terasa tidak kredibel, padahal belum tentu aslinya. Faktornya banyak, tetapi tidak akan aku bahas di sini.

Masih menggunakan subdomain .wordpress.com itu tidak masalah. Tetapi tahukah kamu kalau WordPress.com juga memiliki subdomain lainnya dengan domain .blog? Pada November 2028 silam, WordPress.com mengumumkan subdomain .blog yang dapat digunakan secara gratis bagi semua pengguna. Ada 28 domain yang bisa kamu gunakan saat mendaftarkan situs baru atau mengganti subdomain situsmu sekarang. Dan subdomain ini berlaku seumur hidup juga, sehingga kamu masih dapat menggunakan WordPress.com dengan subdomain yang lebih keren selamanya.

Sekarang bagaimana bisa mendapatkannya? Saat memulai blog baru di WordPress.com, kamu akan diminta memasukkan domain baru untuk blog tersebut. Kamu bisa langsung menuliskan subdomain diikuti domain yang kamu inginkan di baris pencarian dan pilih subdomain dari pilihan ketiga dari atas.

Join the Conversation

  1. @ufal tapi om kalau host sendiri itu akan lebih puas kan untuk editnya, walaupun kalau ada masalah juga yang ada kita sendiri yang harus benarkannya :0000:

    1. masalahnya cuma satu, budget wkwkwk
      lagipula ini cuma saran bagi yang baru ingin memulai ngeblog, tentu bukan saran yang tepat bagi pemula buat ngehost sendiri kan

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *