Tarif Domain .my.id dan .biz.id Naik

PANDI mengumumkan kepada publik bahwa ada penyesuaian harga pada nama domain .my.id dan .biz.id pada Jum’at, 15 Maret 2024 kemarin. Penyesuaian harga ini dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama mulai sejak 1 Juli 2024 mendatang, harga perpanjangan nama domain .my.id menjadi Rp50.000, sedangkan .biz.id menjadi Rp100.000. Kemudian tahap kedua berlaku mulai 1 Januari 2025 mendatang, dimana baik harga pendaftaran dan perpanjangan menjadi harga yang sudah tertera di atas. Sebelumnya untuk kedua nama domain ini harganya berkisar Rp10.000 hingga Rp12.000.

Kedua nama domain ini menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang karena harganya yang cukup murah dan dikelola oleh banyak registrar lokal juga. Baik untuk keperluan pribadi dan bisnis, memiliki dan menggunakan pilihan nama dengan domain ini tidak ada salahnya. Tetapi melihat PANDI akan melakukan penyesuaian harga mulai bulan Juli 2024 mendatang, tentu membuat beberapa orang mungkin akan mengurungkan niatnya untuk menggunakan kedua nama domain ini.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan domain lainnya, harga .my.id akan setara dengan .ac.id, .sch.id, .or.id, dan .web.id di kisaran Rp50.000. Untuk domain .id masih sekitar Rp220.000 dan .co.id sekitar Rp300.000. Jadi kalau masih ingin tetap di .my.id atau .biz.id untuk menekan budget, aku rasa masih dibilang bisa sih.

Masih ingin merasakan harganya yang masih murah? Solusinya adalah perpanjang mulai sekarang dengan periode lebih dari satu tahun, tergantung apa yang tersedia di registrar tempatmu. Dengan cara inilah kamu masih “membayar” dengan harga Rp12.000 di kemudian hari walau harganya sudah berubah nanti. Memang harus merogoh kocek lebih di awal, tetapi anggap saja mirip dengan sebuah investasi masa depan hehehe. Kamu tidak perlu membayar dengan harga baru nantinya.

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *