Dapat Domain dan Hostingan Gratis, Tetapi Tidak Tahu Untuk Apa

Bulan Oktober tahun lalu, aku sempat terpikat dengan program domain gratis dari Rumahweb. Mereka menawarkan domain dengan TLD .my.id dan .biz.id secara gratis selama setahun. Cara mendapatkannya adalah dengan memberikan ulasan dengan bintang 5 di laman Google Maps Rumahweb kemudian kirim bukti screenshot ke email mereka.

Program ini merupakan hal yang bagus bagi seseorang yang ingin memiliki domain secara percuma, apalagi bagi seseorang yang sedang belajar atau ingin menekan budget. Kala itu aku mendaftarkan lafulock.my.id di sana. Saat aku mendapatkannya, mereka juga menawarkan shared hosting gratis sebesar 1 GB selama tiga bulan juga. Jadi bagi yang sedang ingin coba-coba, bisa mendapatkannya melalui program ini.

Tetapi sejak saat itu, aku masih belum tahu ingin ku gunakan untuk apa domain ini sendiri, begitupun dengan hostingan gratisannya. Aku sempat bermain dengan cPanel-nya untuk melihat apa yang bisa dilakukan di sana, apa yang bisa aku install di sana. Ibaratnya bisa tahu apa yang ada di dalam cPanel sebelum nantinya aku membeli paket yang lebih besar untuk urusan yang serius. Tetapi hingga paket hostingnya habis bulan Januari kemarin, aku masih belum sempat menggunakannya untuk suatu hal. Untuk domain kira-kira sama juga, masih bingung mau digunakan untuk apa sebenarnya hingga saat ini.

Sebenarnya nama Lafulock sendiri adalah nama yang berasal dari namaku yang dibalik, Lafu dan marga Lovelock dari oshiku, Rosemi. Pertama kali pakai untuk akun sampingan Twitter-ku yang aslinya buat sambat doang, atau untuk membagikan sesuatu yang mungkin harusnya tidak bisa kubagikan di akun utamaku. Kemarin-kemarin sempat berpikir untuk membuat situs atau blog terpisah dimana konten yang aku publikasikan lebih bebas dari blog utamaku ini. Tetapi di sisi lainnya aku rasa masih cukup overkill buat bikin blog baru dimana blog utamanya saja sedang gersang pos baru kala itu.

Tetapi tidak begitu lagi. Semalam sebelum pos ini aku tulis, aku memutuskan untuk membuat blog sampingan juga buat nama ini. Kurang lebih sama seperti di atas, untuk sambat dan menulis lebih bebas aja dari blog utama. Blognya di note.lafulock.my.id. Silakan mampir ke sana kalau sempat.

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *